Hati-Hati !! Banyak Mengkonsumsi Gula Bisa Menyebabkan Kerusakan Otak

bahaya gula bagi otak - brainking plus

Siapa sih di antara kita yang tidak mengenal gula? Si putih manis ini memang merupakan bahan makanan favorit bagi banyak orang, terutama anak-anak. Namun tahukah Anda bahwa konsumsi gula dalam jumlah banyak berbahaya bagi otak? Para ilmuwan menemukan bahwa gula ternyata bisa menyebabkan kerusakan otak yang sama besarnya dengan stres berat di masa kecil dan tindak kekerasan anak.

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi gula dalam jumlah banyak secara terus menerus selama bertahun-tahun ternyata memicu perubahan pada hippocampus. Yang mengejutkan, perubahan yang terjadi ini ternyata mirip dengan perubahan yang diakibatkan oleh stres.

Hippocampus sendiri adalah sebuah area di otak kita yang sangat erat kaitannya dengan memori. Dengan demikian, gangguan pada hippocampus tentu akan mengakibatkan gangguan memori pula.

Bila kesimpulan ini benar, maka Anda tentu dapat membayangkan betapa besar bahayanya bagi masa depan anak-anak kita bila kita tidak segera mengontrol kesukaan mereka akan gula bukan ?

Penemuan mengenai dampak negatif dari konsumsi gula ini mendorong para ilmuwan mulai melakukan serangkaian penelitian.

Beberapa waktu yang lalu, gula biasanya diasosiasikan dengan penyakit diabetes. Penemuan terbaru memperlihatkan bahaya lain yang tidak kalah hebatnya dari konsumsi gula yang berlebihan, yaitu kerusakan otak.

Apa hasil penelitan mereka dan bagaimana kesimpulannya ?

Baca Selanjutnya >>>