Pilihan Jenis Terapi Bagi Anak Down Syndrome

Terapi Anak Down Syndrome – Down syndrome merupakan salah satu tipe keterbelakangan mental yang cukup sering terjadi. Kondisi seperti ini terjadi pada anak-anak yang terlahir dengan jumlah kromosom yang tidak normal.

Kondisi ini mengakibatkan sang anak mengalami keterbelakangan mental, kondisi fisik yang khas, dan kemampuan intelektual yang berada di bawah rata-rata. Anak-anak yang menderita down syndrome juga biasanya memiliki ciri fisik yang terbilang mirip.

Sama halnya seperti terlahir tanpa memiliki tangan, sampai ia dewasa pun tangannya tidak akan tumbuh. Begitu pula penderita down syndrome. Jumlah kromosom yang tidak normal tidak akan berubah hingga ia dewasa, sehingga gangguan ini tidak bisa disembuhkan.

Akan tetapi, bukan berarti kelainan ini sama sekali tidak bisa ditangani. Anak-anak penderita Down syndrome juga tetap bisa hidup bahagia. Gejala-gejala yang ia alami dapat ditekan melalui proses terapi anak Down syndrome. Berikut ini beberapa jenis terapi untuk menangani Down syndrome.

Terapi Anak Down Syndrome yang Paling Harus Dilakukan

Pada dasarnya, ada 2 jenis metode terapi bagi anak penderita Down syndrome. Terapi ini merupakan jenis terapi yang paling utama dan sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, terapi ini juga sudah digunakan sejak dahulu.

#1. Terapi Fisik Bagi Anak Down Syndrome (Physio Therapy)

Otot yang dimiliki oleh penderita Down syndrome sangat lemah. Bahkan untuk berjalan sekalipun, kondisi otot tersebut tidak memungkinkannya. Oleh karena itu, jenis terapi fisik inilah yang menjadi solusi. Dengan terapi fisik ini, penderita Down syndrome akan dilatih, dibantu, dan didukung agar mampu berjalan dengan baik.

#2. Terapi Wicara Bagi Anak Down Syndrome

Selain memiliki otot yang lemah, anak-anak penderita Down syndrome juga sering kali mengalami keterlambatan dalam berbicara. Melalui proses terapi wicara ini, mereka akan dibantu dalam memahami kosa kata dan berbicara.

Terapi Anak Down Syndrome dengan Brainking Plus

Selain menerapkan kedua jenis terapi tadi, dibutuhkan pula asupan nutrisi ke otak untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Jika gangguan pada tumbuh kembangnya tidak ditangani, maka pemberian terapi akan kurang efektif tentunya.

Oleh karena itu, Brainking Plus dibuat untuk menangani masalah ini. Brainking Plus bekerja secara holistik dan langsung memperbaiki sumber kerusakannya. Brainking Plus juga memberikan asupan nutrisi terbaik ke otak demi mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Brainking Plus sendiri merupakan produk herbal terbaik dan “pakar” dalam menangani berbagai masalah gangguan perkembangan, otak, dan juga syaraf. Produk ini juga dikenal sebagai pelopor vitamin otak di Indonesia.

Brainking Plus terbuat dari 100% bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut diseleksi demi memperoleh kualitas terbaik. Dengan begitu, Brainking Plus sangat efektif dalam menangani berbagai masalah perkembangan dan tentunya aman dikonsumsi.

Tidak hanya efektif dalam menangani anak-anak penderita Down syndrome. Brainking Plus juga telah terbukti sangat baik dalam mengatasi autisme, ADHD (anak hiperaktif), cerebral palsy, dan berbagai masalah perkembangan lainnya.

Berikan Brainking Plus secara rutin kepada penderita Down syndrome. Sudah banyak sekali penderita Down syndrome yang tertolong dengan produk ini. Memberikan Brainking Plus yang dibarengi dengan terapi tentunya akan memaksimalkan penanganan Down syndrome ini.

Jenis Terapi Anak Down Syndrome Lainnya Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembangnya

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, variasi terapi anak Down syndrome semakin banyak. Bahkan terapi-terapi tersebut dibuat semakin spesefik dalam menangani gejala-gejala tertentu demi memperoleh hasil terbaik

Beberapa terapi anak Down syndrome lainnya antara lain:

  • Terapi Okupasi
  • Terapi Tingkah Laku
  • Terapi Remedial
  • Terapi Sensori Integrasi

Terapi Anak Down Syndrome Alternatif

Lebih dari itu, saat ini dikenal pula terapi alternatif. Terapi ini memberikan solusi penanganan dengan cara-cara yang tergolong unik namun tetap efektif dalam menangani gejala anak Down syndrome ini. Berikut beberapa jenis Terapi alternatif bagi anak Down syndrome:

  • Terapi Musik
  • Terapi Craniosacral
  • Terapi Lumba-lumba
  • Terapi Akupuntur